JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA KERAJINAN AKSESORIS KELOMPOK ALAMANDA DI DESA WATUTAU KEC LORE PEORE |
Nama: AGIS |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagemana strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM kelompok pengrajin Alamanda dengan menggunakan metode penelitian lapangan, penelitian ini merupakan penelitian doktrinal yaitu menggunakan teori yang sudah ada kemudian dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan, Metode penelitian ini termasuk metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif Dengan menganalisis data melalui setrategi pemasaran 7P. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian merupakan UMKM kelompok pengrajin Alamanda yang bergerak dibidang usaha pengolahan pemberdayaan material yang berbentuk aksesoris yang ada di desa Watutau kecamatan Lore Peore. Hasil dari penelitian ini, kelompok Alamanda dalam strategi pemasaran melalui analisis promotion, place, people, process, physical evidence, product dan price masih harus di kembangkan lagi dari berbagai aspek yaitu promotion, place, people, process serta physical evidence sedangkan dari segi product dan price sudah bisa bersaing dengan UMKM yang bergerak di bidang yang sama dengan kelompok Alamanda. |