JudulPENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PABRIK SAGU “SINTUFU SINGGANI” PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA TAMPAURE KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: WAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sagu adalah tanaman asli Indonesi. Pertumbuhan usaha pabrik sagu di Kabuten Pasangkayu Kecamatan Bambaira di Desa Tampaure berjalan pesat, Pabrik sagu ini mengelolah sagunya secara alami. Adapun tujuan dalam penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta untuk mengetahui strategi pemasaran pada masa pandemi Covid-19 di pabrik sagu Sintufu Singgani.penelitian yang digunakan adalah filsafat postpositivisme, penelitian yang bersifat kualitatif yang mana bertujuan untuk mengeksplorasi suatu fenomena yang ada pada masalah sosial yang masih bersifat sementara. Adapun alat yang digunakan dalam menyusun strategi adalah analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui strategi yang digunakan setelah melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki pabrik sagu yang didapatkan dari hasil wawancara.Setelah dilakukan analisis internal dan eksternal, maka diketahui dari hasil kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Memiliki Subtotal pada faktor internal kekuatan (strength) sebesar 2,00, Subtotal pada faktor kelemahan (weakness) sebesar 1,22. Subtolal faktor eksternal pada peluang (opportuniites) sebesar 2,00, Subtotal faktor eksternal pada ancaman (threat) sebesar 1,25. Analisis lingkungan internal pabrik sagu Sintufu Singgani terdiri dari kekuatan (strength), kelemahan (weakness), Peluang (opportunity), Ancaman (threat). Perubahan strategi pemasaran yang dilakukan Bapak Adnan Andi Baso sebelum pandemi Covid-19 beliau pada awalnya hanya memproduksi sagu mentah untuk didistribusikan ke pantoloan. Kemudian pada masa pandemi Covid-19 Bapak Adnan merubah strategi untuk mengolah sagu mentah menjadi sagu kering untuk didistribusikan ke pantoloan. Kata kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran. |