Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS FAKTOR KEPRIBADIAN DAN PSIKOLOGI DALAM PERILAKU KONSUMEN MINUMAN TEA BREAK DI KOTA PALU
Nama: ADELFILA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Dewasa ini, kebutuhan hidup yang bervariasi membuat konsumen lebih teliti dalam proses pemenuhan kebutuhan hidupnya. Selama pandemi Covid-19, pola perilaku konsumen mengalami perubahan signifikan, termasuk dalam memilih dan mengkonsumsi minuman Tea Break. Minuman Tea Break merupakan salah satu usaha waralaba yang banyak diminati oleh masyarakat di Kota Palu. Meskipun pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan pola konsumsi, minuman Tea Break tetap laris dan diminati oleh berbagai kalangan, terutama remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis faktor kepribadian dan psikologi dalam perilaku konsumen minuman Tea Break di Kota Palu. Pada penelitian ini dilakukan penelitian non-eksperimental dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam satu waktu yang disebut cross sectional dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertempat di Kota Palu dan dilaksanakan selama bulan Januari sampai dengan Februari tahun 2023. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam dengan informan menggunakan metode wawancara berstruktur. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun Penentuan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan memperoleh sepuluh informan. Keabsahan data melalui triangulasi teknik. Pengolahan data pada penelitan ini berupa matriks yang menggunakan pendekatan analisa isi disertai dengan triangulasi teori. Data disajikan dalam bentuk narasi. Berdasarkan temuan hasil dan pembahasan diperoleh bahwa faktor kepribadian yaitu umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, serta gaya hidup mempengaruhi perilaku konsumen minuman Tea Break di Kota Palu serta faktor psikologi yaitu motivasi, persepsi, serta keyakinan dan sikap mempengaruhi perilaku konsumen minuman Tea Break di Kota Palu. Adapun saran dari peneliti yaitu bagi pemilik gerai Tea Break diperlukan pemahaman tentang pengaruh faktor internal yaitu faktor kepribadian dan psikologi dalam memasarkan produk dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel eksternal. Kata Kunci: Faktor Kepribadian, Faktor Psikologi, Perilaku Konsumen, Minuman Tea Break.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up