Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KINERJA KARYAWAN MELALUI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) STUDI KASUS PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT PALU LOKADANA UTAMA
Nama: JUWIK WULANDARI
Tahun: 2023
Abstrak
Juwik Wulandari. C20117118 “Analisis Kinerja Karyawan melalui Penerapan Standar Operasional Prosedur Studi Kasus pada Bank Perkreditan Palu Lokadana Utama”. Di bimbing oleh Lina Mahardiana Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatankinerja karyawan melalui penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat Palu Lokadana Utama.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Penelitian ini mendeskripsikan data dan informasi yang diperoleh, kemudian menganalisanya dan mendapatkan kesimpulan. Lokasi penelitian di Bank Perkreditan Rakyat Palu Lokadana Utama. Teknikpengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Instrumen penelitian kualitatif merupakan peneliti sendiri untuk melakukan wawancara dan melakukan pengumpulan data. Informan penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Bank Perkreditan Rakyat Palu Lokadana Utama sebanyak 4 orang, yaitu karyawan bagian Manajer SKK, bagian Teller dan CS, dan Manajer SKMR. Langkah analisis data dilakukan dengan tiga kegiatan analisis secara bersamaan antara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan (1)Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di BPR Palu Lokadana Utama telah dilaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Dengan menerapkan beberapa aspek mengenai SOP yaitu efisiensi, konsistensi, mengurangi kesalahan dana penyelesaian masalah. (2)Untuk mengoptimalkan penerapan SOP di BPR Palu Lokadana Utama, perusahaan selalu melakukan upaya pembinaan dan pelatihan untuk mengurangi kesalahan dan menyelesaikan masalah pada aspek pelayanan nasabah, hal itu dilakukan oleh atasan yang membawahi mereka. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi kendala atau masalah saat menghadapi nasabah yang usia lanjut, nasabah yang tidak memiliki gadged atau android dan lupa dengan tandatangan saat pelayanan di CS dan teller.(3)Kinerja yang ditunjukan oleh seluruh karyawan di BPR Palu Lokadana Utama yaitu termasuk bagian Teller, Customer Service, Manajer SKK dan Manajer SKMR telah dilakukan baikdan adanya SOP sangat mendukung pada peningkatan kinerja karyawan. Karyawan dapat bekerja sesuai target dan memiliki ketelitian yang tinggi dapat memeberi manfaat dalam mendukung kinerja mereka selama bekerja di BPR Palu Lokadana Utama. Meskipun masih ada karyawan di bagian teller dan CS yang masih mengalami kendala dalam mencapai target, tetapi hal itu masih bisa diatasi oleh karyawan tersebut. Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP), BPR Palu Lokadana Utama.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up