Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS POSISI PERSAINGAN BISNIS RUMAH MAKAN BAKSO SOLO 88 DI KOTA PALU
Nama: ANATASYA VILLIA VIORY ANTONI
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis dan mengetahui posisi persaingan bisnis pada Rumah Makan Bakso Solo 88 di Kota Palu. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Untuk mempermudah dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka digunakan beberapa cara yaitu Observasi (Pengamatan), wawancara, dan Dokumentasi. Informan penelitian meliputi dua macam yaitu informan utama dan informan tambahan, informan ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan Posisi Persaingan Bisnis Rumah Makan Bakso Solo 88 di Kota Palu berada di kuadran II. Strategi diversifikasi merupakan kegiatan atau tindakan untuk membuat sesuatu menjadi lebih beragam atau tidak terpaku hanya pada satu jenis saja. Strategi yang harus dilakukan adalah memunculkan karakteristik pada olahan bakso sehingga berbeda dengan pesaing, menjalin kerja sama dengan beberapa pemasok bahan baku agar kestabilan harga terjaga, dan menambah produk olahan bakso yang baru dan bisa tahan lama seperti frozen food yang belum dilakukan oleh pesaing. Strategi diharapkan dapat mengatasi persaingan bisnis pada rumah makan bakso di Kota Palu. Kata Kunci: Strategi Bersaing, Rumah Makan, Analisis SWOT This research aims to find out to analyze and know the position of business competition at Bakso Solo 88 Restaurant in Palu City. This type of research is descriptive qualitative. To facilitate the collection of data needed in this research, several ways are used, namely Observation, interview, and Documentation. Informant research includes two kinds of main informants and additional informants, these informants are determined by purposive sampling techniques. The analysis method used in this study is SWOT analysis. The results showed the Business Competition Position of Bakso Solo 88 Restaurant in Palu City is in quadrant II. A diversification strategy is an activity or action to make things more diverse or not fixated on just one type. The strategy that must be done is to bring up characteristics on processed meatballs so that it is different from competitors, cooperate with several suppliers of raw materials in order to maintain price stability, and add new and durable processed meatball products such as frozen food has not been done by competitors. The strategy is expected to overcome business competition at meatball restaurants in Palu City. Keywords: Competing Strategies, Restaurants, SWOT Analysis

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up