JudulMOTIVASI DAN PERILAKU WISATAWAN GENERASI MILENIAL KOTA PALU |
Nama: MARIA AMELIA CHANDRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Masyarakat sebagai sasaran pengelola pariwisata terutama untuk masyarakat milenial dimana di usia ini mereka sangat aktif dan mengikuti perkembangan saat ini sehingga perlu dilakukan suatu penelitian mengenai motivasi dan perilaku yang mendorong wisatawan milenial untuk berwisata sehingga dapat memprediksi pola perjalanan masa depan dan memungkinkan pemasar tujuan untuk merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif untuk ditujukan pada wisatawan milenial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi dan perilaku wisatawan milenial Kota Palu dalam berwisata. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wisatawan milenial Kota Palu yang berusia 22-40 tahun. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif berdasarkan data yang didapatkan melalui kuesioner dengan penyebaran online melalui layanan google form. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan perilaku wisatawan milenial Kota Palu dalam berwisata. Kata Kunci: Push Factor, Pull Factor, Analisis Faktor, Motivasi, Perilaku, Pariwisata |