JudulPENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) MENGGUNAKAN JASA FOTOCOPY PERUSAHAAN DAERAH (PERUSDA) DI AMPANA |
Nama: MOH. RAFLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Pada setiap badan usaha khususnya usaha fotocopy sangatlah penting untuk memperhatikan kualitas layanan, karena berhubungan lansung dengan kepuasan konsumen. Kualitas layanan yang ditawarkan akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan atau OPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggunakan jasa Fotocopy Perusahaan Daerah (PERUSDA) di Ampana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tehnik penarikan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan total sampel 30 responden Fotocopy Perusda di Ampana. Tehnik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif dan dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kualitas layanan (X) yang terdiri dari ( bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) ), secara simultan memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap kepuasan OPD (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0.05. sebagian hasil uji menunjukan bahwa variabel yang memiliki pengaruh terbesar secara parsial yaitu variabel jaminan (X4) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai 0.023 < 0.05. Kata kunci: Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan. |