JudulPengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. MSL Sebagai Alat Transportasi Di Kecamatan Bungku Tengah |
Nama: IKBAL LIMIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen PT. MSL sebagai alat trasportasi di Kecamatan Bungku Tengah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kausal. Sampel berjumlah 60 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan komputer program statistik SPSS for windows release 16.0. Dengan mengambil data menggunakan metode memberikan kuisioner pada responden konsumen pada Agen PT. MSL Cabang Bungku Tengah. Penelitian ini mengacu pada pendekatan positif, yaitu pendekatan yang memulai penelitian dengan hipotesis dan kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis masing-masing variabel dapat diketahui bahwa variable bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan, secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian hasil uji secara parsial bukti fisik (X1), empati (X2), daya tanggap (X3) dan kehandalan (X4) tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y), sementara variabel jaminan (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen PT. MSL Cabang Bungku. Kata Kunci : Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen |