JudulPENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SMARTPHONE OPPO DI KOTA PALU (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO) |
Nama: SIGIT BASKORO PERMADI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Smartphone merupakan alat komunikasi yang sangat populer, salah satu smartphone yang terkenal yaitu smarphone Oppo. Oppo merupakan jenis smarphone berbasis android dengan dibekali spesifikasi mumpuni dan fitur serta aplikasi yang fleksibel dan menarik. Berdasarkan lembaga riset International Data Corporation (IDC) dalam KOMPAS.com yang diterbitkan pada tangal 14 november 2019 Oppo memuncaki lima besar pasar smartphone di Indonesia. Untuk menghadapi persaingan, para produsen smartphone perlu menetapkan strategi pemasaran seperti komunikasi pemasaran terpadu. Komunikasi pemasaran merupakan suatu alat atau cara untuk mengkomunikasikan suatu informasi produk kepada konsumen guna merangsang pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terpadu pada smartphone merek Oppo di Kota Palu, studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Responden dalam penelitian ini berjumlah 90 orang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Komunikasi pemasaran terpadu yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, pemasaran online dan media sosial, dan penjualan personal secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone Oppo di Kota Palu. 2) Iklan, Acara dan pengalaman, Pemasaran online dan media sosial, dan Penjualan personal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone Oppo di Kota Palu. 3) Promosi penjualan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone Oppo di Kota Palu. Kata kunci: Komunikasi pemasaran terpadu, Keputusan pembelian |