JudulPENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SIMPATI TELKOMSEL DI KOTA PALU (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako) |
Nama: FERGIAWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Fergiawan, C 201 16 161, Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Palu Dibimbing Oleh Elimawaty Rombe Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra merek dan Promosi terhadap keputusan pembelian kartu simPATI Telkomsel di Kota Palu. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra merek (X1) dan Promosi (X2). Sedangkan variabel depeden yang digunakan adalah keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan ini adalah deskriptif kausal. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 60 responden dengan bentuk pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan citra merek dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu simPATI Telkomsel di Kota Palu. Secara parsial citra merek dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu simPATI Telkomsel di Kota Palu. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa citra merek dan promosi secara simultan terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu simPATI Telkomsel di Kota Palu, dilihat dari nilai sig.F lebih kecil dari ? (0.000< 0.05). Kemudian Citra merek secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu simPATI Telkomsel di Kota Palu, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari ? (0.001< 0.05). Kemudian Promosi secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu simPATI Telkomsel di Kota Palu, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari ? (0,000< 0.05). Kata Kunci: Citra Merek, Promosi, Keputusan Pembelian |