JudulPENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL NISSAN DATSUN DI KOTA PALU |
Nama: ADE IRNA WULANDARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ade Irna Wulandari, “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Nissan Datsun di Kota Palu”. Dibimbing oleh Ira Nuriya Santi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Nissan Datsun di Kota Palu. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian tersebut yaitu apakah terdapat pengaruh simultan dan parsial yang signifikan variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Nissan Datsun di Kota Palu. Dari permasalahan diatas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh signifikan dari kedua variabel X tersebut terhadap variabel Y. untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 16. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Nissan Datsun di Kota Palu. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa secara parsial kepercayaan, komunikasi, komitmen dan penanganan masalah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel Nissan Datsun di Kota Palu. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Masalah, Kepuasan Pelanggan |