JudulPengaruh Komunitas Merek Terhadap Word Of Mouth Pada Yamaha R25 Rider Club Indonesia Di Kota Palu |
Nama: I GEDE ANGGI VALLERIO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK I Gede Anggi Vallerio, C 201 16 112, berjudul : Pengaruh Komunitas Merek Terhadap Word of Mouth Pada Yamaha R25 Rider Club Indonesia di Kota Palu. Dibimbing oleh Ira Nuriya Santi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunitas merek terhadap word of mouth pada Yamaha R25 rider club Indonesia di Kota Palu. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas motor Yamaha R25 rider club Indonesia di Kota Palu. Teknik penentuan sampel penelitian adalah sampling total atau sensus yaitu seluruh anggota komunitas motor yang berjumlah 73 orang. Metode pengambilan sampel yang penelitian menggunakan metode Probability Sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kausal. Penelitian menggunakan data primer, dengan metode yang digunakan adalah media kuesioner dengan bantuan Google Form. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis linear berganda dengan bantuan SPSS statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas merek yang terdiri dari hubungan konsumen dan perusahaan, hubungan konsumen dan merek, hubungan konsumen dan produk, hubungan konsumen dan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth secara simultan. Secara parsial hubungan konsumen dan perusahaan tidak berpengaruh terhadap word of mouth, hubungan konsumen dan produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, hubungan konsumen dan merek memiliki pengaruh positif terhadap word of mouth, serta hubungan konsumen dan konsumen tidak berpengaruh terhadap word of mouth. Kata Kunci : Komunitas Merek, Hubungan Konsumen dan Perusahaan, Hubungan Konsumen dan Produk, Hubungan Konsumen dan Merek, Hubungan Konsumen dan Konsumen, dan Word of Mouth. |