JudulPengaruh Product Knowledge, Online Customer Review Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako) |
Nama: RAHMA FITRIANINGSIH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh product knowledge, online customer review dan rating terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 responden yang merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako yang pernah melakukan pembelian pada marketplace Shopee. Teknik penarikan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling yang merupakan salah satu bagian dari nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian secara online dengan bantuan layanan Google Drive. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, hasil penelitian secara serempak menunjukan bahwa product knowledge, online customer review dan rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Secara parsial menunjukan bahwa variabel product knowledge, online customer review dan rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Nilai adjusted R square sebesar 55,3% menunjukkan besarnya pengaruh keseluruhan variabel. Adapun sisanya 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |