JudulPERAN INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA BANANABIM DI KOTA PALU |
Nama: ANDI MOH NOERKHALIK |
Tahun: 2021 |
Abstrak PERAN INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA BANANABIM DI KOTA PALU Andi Muhammad Noerkhalik : C 201 16 104, dibimbing oleh H.Syamsul Bahri Dg. Parani ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada Bananabim di Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal. Populasi dalam penelitian ini dikhususkan pada orang yang pernah melakukan pembelain di Bananabim. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 16. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Bananabim di Kota Palu. Kemudian Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Bananabim di Kota Palu. Kata Kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing. |