JudulPENGARUH GAYA HIDUP REMAJA DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING LINE KE MEREK LAIN (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNTAD) |
Nama: ADE SRI MEYNEYNTIN HAMDATA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK PENGARUH GAYA HIDUP REMAJA DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING LINE KE MEREK LAIN (STUDI PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNTAD) Ade Sri Meyneyntin Hamdata (C 201 16 099), dibimbing oleh: Syamsul Bachri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Hidup Remaja dan Variety Seeking terhadap Brand Switching. Penelitian ini berdasar pada masalah di mana telah berkurangnya pengguna media sosial LINE. Pengguna media sosial LINE sebagian besar merupakan wanita dengan usia remaja, sehingga pengguna wanita dengan usia remaja yang menjadi penyebab menurunnya pengguna media sosial LINE. Gaya Hidup Remaja dan Variety Seeking dijadikan sebagai variabel yang memengaruhi pengguna wanita tersebut dalam melakukan Brand Switching. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode pengumpulan data yang disebut purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 96 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Hidup Remaja berpengaruh positif atau signifikan terhadap Variety Seeking. Selanjutnya Variety Seeking berpengaruh positif atau signifikan terhadap Brand switching. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Gaya Hidup Remaja tidak memiliki pengaruh yang positif atau signifikan terhadap Brand Switching, akan tetapi Gaya Hidup Remaja dapat berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Switching apabila melalui variabel intervening, yaitu Variety Seeking. Kata Kunci: Gaya Hidup Remaja, Variety Seeking, Brand Switching, Partial Least Square (PLS). ABSTRACT THE INFLUENCE YOUTH LIFESTYLE AND VARIETY SEEKING ON BRAND SWITCHING LINE TO OTHER BRANDS (A STUDY ON UNTAD’S STUDENT FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS) Ade Sri Meyneyntin Hamdata (C 201 16 099), guided by: Syamsul Bachri This study aims to determine the effect of Youth Lifestyle and Variety Seeking on Brand Switching. This research is based on the problem where LINE has diminished social media users. LINE social media users are mostly women in their teens, so female users who are teenagers are the cause of the decline in social media users. Adolescent Lifestyle and Variety Seeking are used as variables that influence these women users in conducting Brand Switching. The sample in this study was taken using a data collection method called purposive sampling. The number of samples used were 96 respondents. The data obtained were analyzed using Partial Least Square (PLS) analysis techniques through SmartPLS software. The results showed that the Lifestyle of Adolescents had a positive or significant effect on Variety Seeking. Furthermore Variety Seeking has a positive or significant effect on Brand switching. The results of this study also show that Adolescent Lifestyle does not have a positive or significant influence on Brand Switching, but Adolescent Lifestyle can significantly influence Brand Switching through intervening variables, namely Variety Seeking. Keywords: Youth Lifestyle, Variety Seeking, Brand Switching, Partial Least Square (PLS). |