JudulPENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENABUNG PADA BANK BNI SYARIAH DI KOTA PALU |
Nama: MUH. AYUB R |
Tahun: 2020 |
Abstrak PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENABUNG PADA BANK BNI SYARIAH DI KOTA PALU Muh. Ayub R.: C 201 16 098 dibimbing oleh Syamsul Bachri ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik syariah marketing yang terdiri dari teistis, etis, realistis, dan humanistis terhadap kepuasan nasabah penabung pada Bank BNI Syariah di Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada masyarakat umum yang menjadi nasabah penabung pada Bank BNI Syariah di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 50 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode Sampling Sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode regresi linear berganda dengan bantuan alat analisis software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi yaitu Y = 0,931 + (-0,061)X1 + (-0,032)X2 + 0,494X3 + 0,385X4. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keempat variabel independen yaitu teistis, etis, realistis, dan humanistis terbukti secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan nasabah penabung pada Bank BNI Syariah di Kota Palu. Sedangkan secara parsial variabel teistis dan etis tidak memberikan pengaruh signifikan karena memiliki nilai signifikansi diatas 0,05. Kata Kunci: Teistis, Etis, Realistis, Humanistis, Kepuasan Nasabah, Bank BNI Syariah. |