JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN AIR PANAS BORA DI KABUPATEN SIGI |
Nama: MUHAMMAD ZAINUL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Zainul, C 201 16 090, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Air Panas Bora Di Kabupaten Sigi dibimbing oleh Elimawaty Rombe Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Air Panas Bora Kabupaten Sigi. Dimensi kualitas pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bukti fisik, kepedulian, kehandalan, daya tanggap dan jaminan. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian tersebut yaitu apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial yang signifikan Variabel kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, kepedulian, kehandalan, daya tanggap dan jaminan terhadap kepuasan wisatawan. Dari permasalahan di atas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh signifikan dari Variabel X tersebut terhadap Variabel Y. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 16. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Variabel kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, kepedulian, kehandalan, daya tanggap dan jaminan secara simultan terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dilihat dari nilai sig.F lebih kecil dari ? (0.000< 0.05). Kemudian bukti fisik secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari ? (0.005< 0.05). Kemudian kepedulian secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari ? (0,004< 0.05). Kemudian kehandalan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dilihat dari nilai sig.t lebih besar dari ? (0,469< 0.05). Selanjutnya daya tanggap secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dilihat dari nilai sig.t lebih besar dari ? (0,626< 0.05). Kemudian jaminan secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari ? (0,005< 0.05). Penting bagi wisata air panas Bora Kabupaten Sigi untuk memberikan pelayanan yang baik agar dapat meningkatkan kepuasan wisatawan. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, bukti fisik, kepedulian, kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepuasan wisatawan. |