JudulPENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBELI PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA PALU |
Nama: I KOMANG SANDIKA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan kualitas produk terhadap keputusan mahasiswa membeli pada marketplace Shopee di Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa yang pernah melakukan pembelian pada marketplace Shopee di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 60 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode Sampling Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google formulir. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode regresi linear berganda dengan bantuan alat analisis software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi yaitu Y = 10.145 + 0,035X1 + 0,340X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa membeli pada marketplace Shopee di Kota Palu, sedangkan berdasarkan hasil perhitungan statistik uji parsial menunjukkan bahwa promosi penjualan secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, akan tetapi kualitas produk menunjukkan bahwa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa membeli pada marketplace Shopee di Kota Palu. Kata Kunci: Promosi Penjualan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian |