JudulPENGARUH TARIF, FASILITAS, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASIPT. MITRA TOUNA TRAVEL AMPANA |
Nama: AMIR R.RADI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui pengaruh tarif, fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi PT.Mitra Touna Travel Ampana. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah tarif, fasilitas dan pelayanan berpengaruh simultan atau parsial terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi PT. Mitra Touna Ampana. Variabel independen dalam penelitian ini adalah harga ( ), fasilitas ( ), dan pelayanan ( ), sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pelanggan ( ). Jenis penelitian adalah menggunakan tipe penelitian deskriptif kausal, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan bahwa tarif, fasilitas dan pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, secara parsial tarif dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara parsial fasilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggandalam menggunakan jasa transportasi PT. Mitra Touna Ampana. Kata Kunci: Tarif, Fasilitas, Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan. |