JudulPENGARUH REPUTASI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP RSUD KABUPATEN MOROWALI |
Nama: ASRIATI NAJARUDIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak PENGARUH REPUTASI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP RSUD KABUPATEN MOROWALI Oleh Asriati Najarudin Stambuk C201 15 247 Dibimbing oleh : Ponirin, S.E., M.Bus., Ph.D. ABSTRAK Studi ini bertujuan untuk: 1) Untuk menguji reputasi berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat pada RSUD Kabupaten Morowali. 2) Untuk mengetahui tanggapan responden (pelanggan) terhadap reputasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Morowali. 3) Untuk mengetahui tanggapan responden (pelanggan) terhadap kepercayaan pelanggan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Morowali. Jenis penelitian ini adalah deskrptif kuantitatif dengan Jumlah responden 65 orang. Metode analisis yang digunakan Analisis Regresi Linear Sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Morowali. 2) Nilai mean pada variabel reputasi yakni 4,11 dengan nilai mean tertinggi pada dimensi citra merk dimana pelanggan (pasien) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Morowali menyadari pentingnya citra merk (image) RSUD dalam pelayanan berkualitas bagi masyarakat (pasien). 3) Nilai mean pada variabel kepercayaan yakni 4,06 dengan nilai mean tertinggi pada dimensi brand reliability dimana pelanggan (pasien) meyakini bahwa RSUD Kabupaten Morowali akan semakin berkembang karena memiliki pelayanan yang maksimal terhadap pasien dan mereka puas terhadap layanan petugas kesehatannya. Kata Kunci : Reputasi dan Kepuasan |