JudulPengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) KCP Tolai |
Nama: A.A. DWI ANTIKA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) KCP Tolai. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) KCP Tolai. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diteliti adalah 97 responden, penentuan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan keluhan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) KCP Tolai. (2) kepercayaan, komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) KCP Tolai, (3) komunikasi dan penanganan keluhan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) KCP Tolai. Kata kunci: Relationship Marketing, Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Loyalitas. |