JudulPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Ananda Di Ampana |
Nama: WISNAWATI LAHU |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa: (1) pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangible), empati (empathy), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (2) pengaruh bukti fisik (tangible) terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (3) pengaruh empati (empathy) terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (4) pengaruh kehandalan (reliability) terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (5) pengaruh daya tanggap (responsiveness) terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (6) pengaruh jaminan (assurance) terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas. Populasi penelitian ini adalah pengunjung hotel Ananda. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 72 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis menggunakan Multiple Regression Analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangible), empati (empathy), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (2) Bukti fisik (tangible) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (3) Empati (empathy) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (4) Kehandalan (reliability) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (5) Daya tanggap (responsiveness) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana (6) Jaminan (assurance) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Ananda di Ampana. Kata Kunci : Bukti fisik (tangible), Empati (empathy), Kehandalan (reliability), Daya tanggap(responsiveness), Jaminan (assurance) dan Kepuasan. |