JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS DOLO DESA KOTARINDAU KABUPATEN SIGI |
Nama: MOHAMMAD FADLI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Mohammad Fadli, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Dolo Desa Kotarindau Kab.Sigi” Di Bimbing Oleh Dr Ira Nuriya Santi SE.MM Tujuan Dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada di Puskesmas Dolo Desa Kotarindau Kab.Sigi. dan juga untuk mengetahui secara signifikan Bukti fisik, Kehandalan, Tanggapan, Jaminan, Empati, Terhadap kepuasan pasien. Objek dari penelitian ini adalah Puskesmas Dolo dan seluruh pasien Puskesmas yang ada di Kab.Sigi. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 72 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 5 (lima) dimensi pelayanan. Adapun ke lima dimensi tersebut ialah Bukti fisik, Empati, Kehandalan, Cepat tanggap, Jaminan. Ke lima tersebut merupakan hasil dari 15 indikator yang di analisis.dengan nilai Sig.F 0,000 < ? (0,05). Variabel bukti fisik memiliki nilai Sig.t sebesar 0,011, variabel kehandalan memiliki nilai Sig.t sebesar 0,000, variabel daya tanggap memiliki nilai Sig.t sebesar 0,003, variabel jaminan memiliki nilai Sig.t sebesar 0,026 dan variabel empati memiliki nilai Sig.t sebesar 0,000. Secara keseluruhan nilai kelima variabel < ? (0,05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara parsial dari kelima variabel dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan Kata kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Pasien, Puskesmas Dolo |