JudulPENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MENGUNJUNGI WISATA PUSAT LAUT DI KABUPATEN DONGGALA |
Nama: MOH.REZHALDY HASAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Moh.Rezhaldy Hasan “Pengaruh dan Electronic Word Of Mouth DiMedia Sosial Instagram Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Di Wisata Pusat Laut Kabupaten Donggala” dibimbing oleh Ibu Zakia Zahara Dan Bapak Nirwan”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh e- wom secara simultan terhadap keputusan wisatawan berkunjung di wisata Pusat Laut Kabupaten Donggala, (2) pengaruh e-wom secara parsial terhadap keputusan wisatawan berkunjung di wisata pusat laut kabupaten donggala. Penelitian ini menggunakan metode survei dan proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada wisatawan yang pernah ke wisata Pusat laut Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal. Populasi dalam penelitian adalah wisatwan yang berkunjung ke wisata Pusat laut. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan insidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-wom secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. (2) e-wom secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: e-wom, keputusan berkunjung. |