JudulPENGARUH PROMOSI DAN LINGKUNGAN TOKO TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (IMPULSE BUYING ) PADA HYPERMART DI KOTA PALU |
Nama: Surya Ningsih |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Surya Ningsih, C20114031, Judul penelitian “Pengaruh Promosi dan Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) Pada Hypermart di Kota Palu“. Di bimbing oleh Maskuri Sutomo Selaku pembimbing I dan Ira Nuriya Santi Selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan lingkungan toko terhadap pembelian tidak terencana pada Hypermart di Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 60 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan bentuk penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak promosi dan lingkungan toko berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana pada Hypermart di Kota Palu. Selanjutnya secara parsial promosi dan lingkungan toko berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana pada Hypermart di Kota Palu. Hasil ini juga didukung dari perolehan tingkat koefisien korelasi sebesar 88,5% menunjukkan adanya hubungan yang erat antara kedua variabel tersebut dengan pembelian tidak terencana pada Hypermart di Kota Palu. Penting bagi pihak Hypermart untuk memastikan bahwa penerapan promosi dan lingkungan toko telah dilakukan dengan baik serta tepat sehingga untuk kedepannya dapat secara konsisten menciptakan pembelian tidak terencana ketika mengunjungi Hypermat Kota Palu. Kata Kunci : Promosi, Lingkungan Toko, Pembelian Tidak Terencana. |