JudulPengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Batusuya Di Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala |
Nama: VERAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan baik secara serempak maupun parsial terhadap kepuasan pasien memilih berobat pada Puskesmas Batusuya di Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bukti Fisik(X1), Kehandalan(X2), Daya Tanggap(X3), Jaminan(X4), dan Empati(X5). Sedangkan variabel dependen adalah Kepuasan Pasien (Y).Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif.Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden dengan bentuk pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan bauran pemasaran jasa yang terdiri dari Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati.berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen memilih berobat pada Puskesmas Batusuya di Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Secara parsial kualitas pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien memilih berobat pada Puskesmas Batusuya di Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. |