JudulPENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK EIGER DI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: SULTAN PRAYUDHA PUTRA |
Tahun: 2019 |
Abstrak PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK EIGER DI UNIVERSITAS TADULAKO Sultan Prayudha Putra, C 201 11 110. Dibimbing oleh Enki P. Nainggolan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan maupun parsial bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan konsumen menggunakan produk Eiger di Universitas Tadulako. Penelitian ini menggunakan data primer, yang diperoleh secara langsung dari kuesioner yang diisi oleh responden. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Tadulako. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada tabel Anova lebih kecil dari 0,05 yakni sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Eiger di Universias Tadulako. Nilai R2 = 0,871 atau 87,1%. Artinya bahwa 87,1% keputusan pembelian produk Eiger di Universitas Tadulako dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran. Dari hasil uji parsial (t) diperoleh nilai signifikansi variabel produk sebesar 0,012, nilai signifikansi variabel harga sebesar 0,001, nilai signifikansi variabel promosi sebesar 0,001, sedangkan nilai signifikansi variabel tempat sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi semua variabel bauran pemasaran lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat secara parsial berpengaruh sigifikan terhadap keputusan pembelian produk Eiger di Universias Tadulako. Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Promosi, Tempat), Keputusan Pembelian Konsumen |