Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulOPTIMALISASI CONTENT MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT PEMPEK LIA UMKM BINAAN (INBIS PALU)
Nama: PASCAL BINTINDJAYA
Tahun: 2025
Abstrak
Pascal Bintindjaya C20022019, Optimalisasi Content Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Customer engagement Pempek Lia Umkm Binaan (INBIS PALU). Dibimbing oleh Syamsul Bahri Dg. Parani, (sebagai pembimbing I) dan Farid (sebagai pembimbing II). Perkembangan teknologi digital memberikan peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk melalui media sosial. Pempek Lia sebagai UMKM binaan INBIS Palu sudah menggunakan Instagram untuk promosi, Namun masih perlu meningkatkan kualitas content yang ada agar lebih menarik minat pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan strategi Content Marketing yang digunakan Pempek Lia agar keterlibatan pelanggan di media sosial semakin meningkat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner sebanyak 40 responden, dan dokumentasi. Jenis content yang dianalisis berupa video promosi, testimoni pelanggan, infograf ik . Hasil penelitian menunjukkan Pempek Lia menggunakan berbagai content marketing seperti video promosi, testimoni, behind the scenes, dan infografik, dengan Instagram sebagai media utama yang paling efektif. Responden menilai kualitas video dan infografik baik (Mean > 3,5), serta menunjukkan tingkat customer engagement tinggi melalui interaksi aktif dan rekomendasi produk. Optimalisasi content ini berkontribusi pada peningkatan keterlibatan pelanggan dan omzet bulanan dari Rp30–40 juta menjadi Rp 50–60 juta. Namun, konsistensi kualitas content masih perlu ditingkatkan agar engagement dapat dipertahankan. Kata kunci: Content Marketing, Customer engagement, Pempek Lia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up