JudulIMPLEMENTASI STRATEGI NEW WAVE MARKETING PADA PT BANK BRI UNIT GAJAH MADA PALU |
Nama: NURWANDA HIDAYAT |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pemasaran merupakan suatu aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan dan masyarakat umum. Pemasaran merupakan kunci pencapaian tujuan organisasi yang berorientasi pada manajemen yang dimana perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar dengan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisisen dari para pesaing. Strategi New Wave Marketing menjadi strategi yang dianggap relevan digunakan untuk diterapkan oleh perusahaan karena di era digital masyarakat lebih mudah menjangkau akses yang terhubung dengan internet. Bank BRI Unit Gajah Mada Palu menerapkan konsep New Wave Marketing dalam memasarkan produk untuk menarik perhatian masyarakat khusunya di UMKM karena BRI Unit Gajah Mada tidak hanya bergerak di perkotaan saja tetapi juga bergerak di pedesaan khusunya UMKM, sehingga hal tersebut banyak respon dari masyarakat untuk menggunakan produk BRI. Hal ini menarik untuk diteliti. Fokus penelitian dalam Laporan Akhir ini adalah bagaimana Implementasi Strategi New Wave Marketing Pada PT BRI Unit Gajah Mada Palu? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank BRI Unit Gajah Mada Palu melalui konsep New Wave Marketing yaitu Communitization, Confirmation, Clarification, Codification, Co-creation, Currency, Communal Activation, Conversation, Commercilization, Character, Care, and Collaboration. Penelitian ini menggunakan pendektakan Kualitatif yang bersifat deskriptif dimana tidak menggunakan angka atau statistik, sehingga akan menghasilak data deskriptif yang berupa kata kata tertulis atau lisan yang diperoleh dari informan, Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 11 elemen yang diterapkan Bank BRI Unit Gajah Mada Palu dalam menggunakan konsep New Wave Marketing, dimana Bank BRI Unit Gajah Mada ini memanfaatkan akses digital dalam memasarka jasanya, serta strategi marketingnya dilakukan secara offline dan online. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Jasa, New Wave Marketing |