JudulIMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK, CABANG PALU UNIT MUTIARA |
Nama: HIJRIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Customer Relationship Management Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Palu Unit Mutiara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode sampling menggunakan non probability dan teknik penarikan sampel menggunakan purpasive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Dan instrumen penelitian berupa angket kuesioner online dan offline. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS version 22. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi CRM yang terdiri dari Technology, People, Process dan Knowledge and insight secara keseluruhan sudah cukup baik dari hasil yang diperoleh. Dapat disimpulkan bahwa penting bagi Bank BRI Unit Mutiara untuk terus meningkatkan kualitas layanan Secara keseluruhan serta meningkatkan pengalaman dan kepuasan nasabah melalui penggunaan teknologi, manajemen sumber daya manusia yang efektif, proses yang efisien, dan pemanfaatan data yang cermat. |