JudulIMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA RUMAH SAKIT SAMARITAN |
Nama: TRI WULANDARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tri Wulandari C20021002, Judul Penelitian “Implementasi Digital Marketing Terhadap Citra Perusahaan pada Rumah Sakit Samaritan.” Dibimbing oleh Dr. Ira Nuriya Santi, SE. MM (sebagai pembimbing I) dan Farid, SE. MM (sebagai pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi pemasaran digital terhadap persepsi dan citra publik. Metode penelitian menggunakan analisis data kualitatif melalui wawancara dengan narasumber yang relevan dan observasi lapangan yang dilakukan secara langsung maupun digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Samaritan menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, Telegram, dan WhatsApp untuk memperkuat citra dan meningkatkan keterlibatan masyarakat. Selain itu, rumah sakit ini juga memanfaatkan aplikasi digital seperti JKN mobile untuk pendaftaran dan menyediakan informasi lengkap melalui situs web resmi. Evaluasi kinerja dan peningkatan pelayanan dilakukan melalui formulir penilaian digital yang dapat diakses melalui pemindaian barcode di lokasi strategis. Wawancara menunjukkan hanya setengah dari 10 narasumber yang diwawancara secara acak mengetahui tentang media sosial dan website Rumah Sakit Samaritan serta berinteraksi secara digital. Meskipun responden umumnya memberikan tanggapan positif, kendala utama adalah kurangnya aktivitas dan pembaruan konten serta minimnya pengetahuan masyarakat tentang akun dan website rumah sakit. Digital marketing memiliki potensi besar untuk menciptakan citra positif, namun perlu peningkatan promosi, pembaruan konten, dan interaksi aktif di media sosial untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat. Kata Kunci : Digital Marketing, Media Sosial, Website, Mobile Marketing, Citra Perusahaan, Rumah Sakit Samaritan. |