JudulStrategi Promosi Melalui Instagram Cafe Star Up |
Nama: ANDINI RAMADHANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi melalui instagram cafe star up. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sementara untuk analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan oleh star up cafe yaitu penyampaian positioning statement disetiap postingan instagram melalui konten yang dibagikan dikemas dengan visualisasi yang menarik perhatian orang seperti foto produk yang bagus dan juga memiliki pesan yang persuasif, terus berinovasi dan melakukan rebranding produknya, dan star up cafe merespon pengikut di akun media sosial dengan segera (fast respond) ketika mereka memberikan komentar atau memberi like pada postingan. Karena pengikut di media sosial merasa diperhatikan dengan tanggapan sikecil apapun itu. Penggunaan digital marketing Start Up Cafe yang hanya menggunakan Instagram namun sudah mampu meningkatkan penjualan yang signifikan berasal dari pengguna Instagram yang masif dan di Instagram mampu dilakukannya komunikasi dua arah. Dua poin ini tidak terdapat pada jenis digital marketing yang lain sehingga dengan dipilihnya Instagram sebagai satu-satunya alat marketing Start Up Cafe. Penggunaan digital marketing ini membantu Start Up Cafe dalam penyampaianpesan yang ingin disampaikan baik berupa promo maupun konten lainnya sehingga terciptanya pembelian yang meningkat. Instagram juga memudahkan Start Up Cafe karena tidak membutuhkan tempat secara fisik untuk dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan, kemudian juga menjadi lebih mudah memperkenalkan produk baru, dan mengetahui trend terbaru di pasaran sehingga mampu memahami pelanggan dengan baik yang bertujuan untuk menyusun strategi marketing dan membangun citra Start Up Cafe. |