JudulANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN BERBELANJA DI ALFAMIDI RE MARTADINATA KOTA PALU |
Nama: NI PUTU RESMIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN BERBELANJA DI ALFAMIDI RE MARTADINATA KOTA PALU Ni Putu Resmiani, C20020018, dibimbing oleh Syamsul Bahri selaku pembimbing I dan Farid selaku pembimbing II. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor psikologis konsumen berbelanja di Alfamidi RE Martadinata Kota Palu. Faktor psikologis meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, metode pengumpulan data berupa kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang datang ke Alfamidi RE Martadinata Kota Palu. Sampel penelitian ini sebanyak 40 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor psikologis meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap, nilai tertinggi yaitu pada variabel keyakinan dan sikap sebanyak 4,11 hal tersebut dikarenakan Alfamidi RE Martadinata Kota Palu berupaya memenuhi kebutuhan pelanggannya dengan selalu memperhatikan kenyamanan pelanggan seperti tempat belanja yang nyaman, bersih dan menarik, selalu memberikan kualitas produk yang terbaik dan produk yang terkenal serta memberikan pelayanan yang tanggap dan sopan. Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap |