JudulANALISIS KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA DEALER YAMAHA BANUA MOTOR KOTA PALU |
Nama: PATRIALIS AKBAR |
Tahun: 2023 |
Abstrak Patrialis Akbar C20019015, Judul penelitian “Analisis Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Dealer Yamaha Banua Motor Kota Palu” (Dibimbing oleh Bapak Syamsul Bahri Dg. Parani dan Bapak suryadi Hadi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada Dealer Yamaha Banua Motor Kota Palu, Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi Bukti Fisik (Tangible), dimensi Kehandalan (Reliability), dimensi Daya Tanggap (Responsiveness), dimensi Jaminan (Assurance), dan dimensi Empati (Emphaty). Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis Deskriptif. Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah melakukan pembelian pada Dealer Yamaha Banua Motor Kota Palu. Dengan jumlah sebanyak 40 orang, menggunakan Tehnik pengambilan data purposive Sampling pada pengambilan sampelnya. Tehnik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada Kota Palu yang memiliki nilai rata-rata yang berkategorikan Baik, Nilai Mean tertinggi terdapat pada Variabel Daya Tanggap dengan nilai 4.13 yang dikategorikan baik sehingga dapat disimpulkan yang diberikan oleh Dealer Yamaha Banua Motor Kota Palu Sudah sangat baik. Kata Kunci: Kualitas layanan, Dealer Yamaha Banua Motor Palu |