JudulAnalisis Customer Relationship Management (CRM) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PT. Telkom Witel Sulawesi Tengah Kota Palu. |
Nama: RISNA HANDAYANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Risna Handayani C20019004, Judul Penelitian “Analisis Customer Relationship Management (CRM) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PT. Telkom Witel Sulawesi Tengah Kota Palu”. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Farid, SE., MM selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PT. Telkom Witel Sulawesi Tengah. Variabel Customer Relationship Management yang digunakan pada penelitian ini adalah Proses, Teknologi dan Sumber Daya Manusia. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. Telkom Witel Sulteng Kota Palu. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang, menggunakan purposive sampling pada pengambilan sampelnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel Customer Relationship Management (CRM) anatara lain Proses, Teknologi, Sumber Daya Manusia memiliki nilai rata-rata yang berkategorikan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Customer Relationship Management yang diterapkan pada PT Telkom Witel Sulteng Kota Palu dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan. |