Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS SEGMENTASI DEMOGRAFIS DAN SEGMENTASI PSIKOGRAFIS PADA TOKO BUKU RAMEDIA SEJAK PANDEMI COVID-19 DI KOTA PALU
Nama: DYAH ASTUTI SUTMERIA MOKERE
Tahun: 2021
Abstrak
Dyah Astuti Sutmeria Mokere C20017023, Judul penelitian “Analisis Segmentasi Demografis dan Segmentasi Psikografis Pada Toko Buku Ramedia Sejak Pandemi Covid 19 Di Kota Palu” dibimbing oleh Ira Nuriyah Santi dan Farid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana segmentasi pasar pada Toko Buku Ramedia sejak pandemi covid-19 di Kota Palu. Variabel segmentasi yang digunakan pada penelitian ini adalah segmentasi Demografis dan Psikografis. Jenis penelitan yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah setiap konsumen yang pernah berbelanja ke Toko Buku Ramedia dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang, menggunakan teknik purposive sampeling pada pengambilan sampelnya. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis K-means Cluster. Hasil analisis dari penelitian ini terbentuk 3 segmen. Segmen 1 sebanyak 10 orang yang didominasi perempuan, segmen ini memiliki proporsi berbelanja ke Toko Buku Ramedia karena toko buku tersebut adalah toko yang sudah lama terkenal dan terbesar di Kota Palu. Segmen 2 sebanyak 20 orang yang didominasi oleh perempuan, segmen ini memiliki proporsi berbelanja ke Toko Buku Ramedia karena toko buku tersebut selalu menyetok barang/produk baru di dalam tokonya dan Segmen 3 sebanyak 10 orang yang memiliki proporsi melakukan pembelian ke Toko Buku Ramedia karena mereka aktif dalam mencari tahu tentang dan apa saja yang di tawarkan toko buku tersebut. Kata Kunci: Segmentasi, Demografis, Psikografis, K-means Cluster.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up