JudulAnalisis Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Pada Objek Wisata Sabang Tende Beach Di Kabupaten Tolitoli |
Nama: RAHMI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli, faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Toltoli dalam upaya Meningkatkan Kunjungan pada objek wisata Sabang Tende Beach. Penelitian yang dimaksud untuk memberikan informasi terhadap masyarakat agar bisa mengenal wisata yang ada di Kabupaten Tolitoli khususnya objek wisata Sabang Tende Beach. Penelitian ini dilaksanakan pada 03-07 Agustus 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara langsung dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Kasubag Umum dan Program, Kepala Seksi Pemasaran Pariwisata, Kepala Seksi Informasi dan Data Pariwisata, Kepala Seksi Jaringan Kerjasama Pariwisata dan Pokdarwis pada wisata Sabang Tende Beach. Data-data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif Milles, Huberman. Hasil penelitian Pelaksanaan strategi promosi wisata sudah berjalan baik, walupun belum sepenuhnya optimal. Adapun strategi Promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli yaitu Periklanan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran interaktif/online, WoMM dan penjualan personal. Berdasarkan hasil penelitian yang menjadi faktor terjadinya ketidakstabilan pengunjung yaitu promosi dengan penjualan perseorangan. Kata kunci: Strategi Promosi, Sabang Tende Beach |