Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN CENGKEH DI KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI
Nama: HARIANI HANAPI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Hariani Hanapi, C 102 16 010. Analisis Pemasaran Cengkeh di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli (dibimbing oleh Prof. Chairil Anwar, Pn. D dan Dr. Lien Damayanti, M. P) Penelitian ini bertujuan untuk megetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, efesiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Lokasi tersebut dipilih dengan sengaja (purposive), karena daerah ini memiliki luas panen dan produksi tertinggi di Kabupaten Tolitoli. Jumlah keseluruhan sampel petani yang diambil 52 orang petani, jumlah pedagang yang dijadikan sampel ada 4 orang pedagang pengumpul Desa sebanyak dua orang, satu pedagang Pengumpul Kecamatan dan satu pedagang pengumpul Kabupaten. Model analisis yang digunakan adalah saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, dan efesiensi pemasaran.Hasil penelitian ini didapatkan tiga saluran pemasaran cengkeh yang ada di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Margin total pemasaran yang paling kecil diperoleh pada saluran tiga sebesar Rp. 1.232, sedangan total margin pada saluran satu Rp. 4.865 dan total margin saluran dua Rp. 4.353. Efesiensi pemasaran cengkeh diperoleh pada saluran pemasaran tiga lebih kecil 0,25 persen, saluran pemasaran yang efesien adalah saluran tiga. Kata Kunci :Saluran Pemasaran, Margin, Efesiensi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up