JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PULAU SOMBORI DI KABUPATEN MOROWALI SULAWESI TENGAH |
Nama: KARTIKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal, eksternal dan strategi pengembangan yang diperlukan guna meningkatkan jumlah pengunjung di objek wisata Pulau Sombori, yang terletak di Kabupaten Morowali. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif yang memanfaatkan pendekatan analisis SWOT, dengan lima indikator terkait objek wisata Pulau Sombori di Kabupaten Morowali, yaitu daya tarik, aksesibilitas, fasilitas, aktivitas, paket, dan pelayanan, yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terstruktur dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal dengan indikator daya tarik menunjukkan keindahan alam yang ada di Pulau Sombori, indikator aksesibilitas menunjukkan adanya transportasi umum yang menuju ke Pulau Sombori, indikator fasilitas yaitu terdapat lahan parkir yang kurang memadai, aktivitas yaitu objek wisata Pulau Sombori cocok untuk aktivitas reuni, acara kantor maupun acara keluarga, indikator paket dan pelayanan yaitu paket wisata yang ditawarkan sangat menarik. Faktor eksternal dengan indikator daya tarik yaitu terdapat banyak spot wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, indikator aksesibilitas yaitu jarak Pulau Sombori dari pusat Kota Bungku cukup dekat, indikator fasilitas yaitu terdapat tempat ibadah yang memadai, aktivitas yaitu saya merasa puas saat berlibur diobjek wisata Pulau Sombori, indikator paket dana pelayanan yaitu harga paket wisata yang terjangkau. Strategi pengembangan yang diperoleh peneliti yaitu pemerintah daerah harus lebih meningkatkan media promosi, melakukan peningkatan sarana prasarana serta perlunya memperbaiki fasilitas yang sudah tersedia agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke Pulau Sombori. |