JudulANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA KEBERSIHAN (STUDI KASUS USAHA JASA SINI SA CLEAN) |
Nama: WAHYUL |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Usaha jasa kebersihan SINI sa CLEAN merupakan usaha yang memiliki potensi yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan, walaupun sangat menjanjikan SINI sa CLEAN saat ini belum mampu bersaing dalam ruang lingkup yang luas. SINI sa CLEAN harus berkembang dan berinovasi sehingga dapat mampu bersaing, maka dibutuhkan strategi pengembangan yang tepat dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis SWOT, pencatatan dan observasi sehingga menghasilkan informasi yang akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal usaha jasa kebersihan SINI sa CLEAN untuk mengetahui strategi pengembangan usaha dan dapat menerapkan dan mengetahui strategi pengembangan usaha jasa kebersihan SINI sa CLEAN. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa total faktor internal kekuatan dan kelemahan sebagai sumbu X sebesar 0,73, Sedangkan total faktor eksternal peluang dan ancaman sebagai sumbu Y sebesar 2,83. Sehingga posisi strategi untuk pengembangan Usaha jasa kebersihan SINI sa CLEAN berada pada kuadran I yaitu pada posisi strategi S-O yang memiliki kekuatan dan peluang untuk dapat mengembangkan usaha jasa kebersihan SINI sa CLEAN. Kata kunci: Jasa Kebersihan, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT. |