JudulANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN KONSUMSI KELUARGA PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DI DESA LOLI DONDO KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: ASNIDAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN KONSUMSI KELUARGA PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DI DESA LOLI DONDO KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA DI MASA PANDEMI COVID-19. Asnidar¹ Muhtar Lutfi² Andi Herman Jaya³ Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, melainkan juga pada kondisi sosial dan ekonomi. Dalam jangka pendek, dampaknya pada kesehatan ditunjukkan dengan angka kematian korban di Indonesia mencapai 8,9 persen. Pada ekonomi, pandemi ini menyebabkan anjloknya aktivitas perekonomian domestik, yang tidak menutup kemungkinan akan menurunkan kesejahteraan masyarakat. Terkait dengan tingginya angka kemiskinan yang setiap tahun meningkat, pemerintahan kini akan merencanakan suatu program yang disebut BLT. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Konsumsi Keluarga Penerima Bantuan Langsung Tunai di Desa Loli Dondo Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala Di Masa Pandemi Covid-19. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan software SPSS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan jumlah anggota keluarga secara simultan dan parsial terhadap pengeluaran konsumsi keluarga penerima BLT Di Desa Loli Dondo Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Hasil analisis ini Pendapatan dan Jumlah Anggota Keluarga Terhadap Konsumsi Keluarga Penerima BLT. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan sebelumnya diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh variabel (X?) terhadap variabel (Y) adalah sebesar 0,000 < 0> 2.018. Kata Kunci: Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga, Konsumsi Keluarga. |