JudulAnalisis Strategi Pengembangan Usaha Mf Dessert Di Kota Palu |
Nama: AFANDHI |
Tahun: 2024 |
Abstrak MF Dessert merupakan usaha yang memproduksi makanan penutup atau Dessert yang bahan utamanya adalah tepung terigu, telur, gula pasir, mentega, coklat, dan buah-buahan.Penjualan produk produknya seringkali berfluktuasi, dan perusahaan ditandai dengan kenaikan dan penurunan penjualan yang tidak stabil. Penelitian ini menerapkan metodologi analisis SWOT yang mencakup langkah-langkah perencanaan strategis untuk menilai segala bentuk kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis apa pun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan fluktuasi penjualan Mf desserts dan menemukan strategi pengembangan dan pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk tersebut. Hasil survei ini mengungkapkan bahwa terdapat berbagai faktor internal dan eksternal yang menghambat operasional bisnis. Total skor berdasarkan perhitungan matriks EFE&IFE adalah Strengths 2.22, Weaknesses 0.7, Opportunities 1.86, Threats 1.58 . Hasil diagram matriks SWOT menunjukkan bahwa bisnis Mf Dessert terletak pada kuadran I dan memiliki nilai selisih tertimbang positif (1.52,0.28). Dari berbagai bentuk strategi pengembangan bisnis MF dessert, dapat disimpulkan bahwa perusahaan sebaiknya mengadopsi strategi SO agar tujuan bisnisnya dapat tercapai dengan cepat dan mudah. Kata Kunci: Analisis SWOT, Matriks IFE dan EFE, Matriks IE, Strategi pemasaran |