JudulANALISIS PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ) DESA RANDOMAYANG KECAMATAN BAMBALAMOTU KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: MUHAMMAD HARDIANSYAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu Muhammad Hardiansyah1; Edhi Taqwa2; Risman3., Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan., Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran dan farmer’s share di Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dan menggunakan rumus slovin dalam penentuan sampel, dimana jumlah responden yaitu sebanyak 55 petani, 1 pedagang besar dan 1 pabrik. Jumlah keseluruhan responden sebanyak 57 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran I (petani-pabrik) dan saluran pemasaran II (petani-pedagang besar-pabrik). Saluran pemasaran satu memiliki margin sebesar Rp. 0/Kg, sedangkan saluran pemasaran dua memiliki margin sebesar Rp 260/Kg. Dengan demikian bagian harga yang diterima petani atau farmer’s share pada saluran pemasaran I sebesar 100 persen dan farmer’s share saluran pemasaran II sebesar 87,68 persen, sehingga farmer’s share tertinggi terdapat pada saluran I. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Dan Farmer’s Share |