JudulANALISIS PEMASARAN KOPRA (KELAPA DALAM) DI DESA LEMBAH MUKTI KECAMATAN DAMPELAS KABUPATEN DONGGALA |
Nama: ANGGITO YUDHISTIRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, dan farmer’s share kopra di Desa Lembah Mukti Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2024 di Desa Lembah Mukti Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari produsen kopra, pengepul dan pedagang besar. Sampel petani yang diperoleh sebanyak 56 petani, yang diperoleh secara simple random sampling. Mengenai sampel pedagang pengepul kopra (kelapa dan untuk sampel pedagang besar menggunakan metode penjajakan (Tracing sampling). Sehingga diperoleh 2 orang pedagang pengepul dan 1 pedangang besar. Sehingga keseluruhan diperoleh sebanyak 59 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa terdapat satu saluran pemasaran, dimana saluran pemasaran melibatkan petani pengepul - pedagang besar. Hasil perhitungan diperoleh besarnya margin pada saluran pemasaran sebesar Rp.1.800/Kg, keuntungan yang diperoleh petani pada saluran pemasaran satu sebesar Rp. 4.771/Kg. Adapun margin pemasaran yang diperoleh pedagang besar sebesar Rp. 3.700/Kg dengan Keuntungan Rp. 1.745/Kg. Hasil perhitungan diperoleh farmer share pada saluran pemasaran sebesar 56 persen. Kata Kunci: Pemasaran Kopra, Margin Pemasaran Kopra, Farmer’s Share |