JudulANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK KULINER (STUDI KASUS PADA USAHA MF DESSERT) |
Nama: YULISDIANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Teknologi berkembang sangat pesat dan telah mempengaruhi banyak bidang, khususnya perkembangan teknologi di bidang digitalisasi. Kemajuan ini memiliki hasil dalam sistem perdagangan, metode perdagangan, dan sistem pemasaran mengalami revolusi. Sebelumnya pertemuan secara langsung dengan pengecer untuk membeli sesuatu. Dengan kata lain antara penjual maupun pembeli cukup dekat. Namun dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang internet, segala hambatan jarak, waktu dan biaya kini dapat dengan mudah diatasi. Salah satu jenis perkembangan teknologi internet yang dapat membantu membangun bisnis adalah penggunaan media sosial. MF Dessert adalah sebuah usaha yang berdiri pada tahun 2021 yang menyediakan berbagai macam menu dessert seperti Coklat Berhantu, Mille Crepes dan Salad Buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dampak alam pemanfaatan sosial media dalam meningkatkan penjualan produk makanan (studi kasus pada usaha MF Dessert). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa media sosial yang digunakan adalah WhatsApp, Facebook dan Instagram, dimana penggunaan Whatsapp lebih sering digunakan dibandingkan Facebook dan Instagram dan penjualan usaha MF Dessert mengalami peningkatan dengan menggunakan media sosial. Kesimpulannya, penggunaan media sosial lebih memudahkan untuk penjualan dessert yang menjangkau lebih banyak konsumen dan media sosial yang lebih sering digunakan adalah WhatsApp, jumlah keuntungan yang didapatkan dari penjualan Online pada bulan november lebih banyak Rp. 170.000 dibandingkan dari penjualan langsung/offline pada bulan Oktober. Sehingga jumlah penjualan usaha MF Dessert meningkat dengan penggunaan media sosial. |