Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALIAI PEMASARAN IKAN ROA DI DESA KATOGOP KECAMATAN WALEA BESAR KABUPATEN TOJO UNA-UNA
Nama: HAIRULLAH BADJEBER
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Analisis Pemasaran Ikan Roa Di Desa Katogop Kecamatan Walea besar Kabupaten Tojo Una-Una Hairullah Badjeber1 Dr. Armin Muis2 S.E., M.P Risman S.E.,M.P3 Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako Penelitian ini berjudul “ Analisis Pemasaran Ikan Roa di Desa katogop Kecamatan Walea Besar kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran dan farmer’s share di Desa Katogop Kecamatan Walea Besar Kabupaten Tojo Una-Una. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner, dan studi kepustakaan, teknik pengambilan sampel adalah Proposional Random samplin. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan rumus Sloving dalam penetuan sampel, dimana jumlah responden yaitu sebanyak 49 nelayan, 2 pedagang pengumpul dan 1 pedagang besar. Jumla keseluruahan responden sebanyak 52 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran. Pemasaran 1 yaitu produsen ke konsumen, saluran pemasaran 2 produsen ke pedagang pengumpul dan ke konsumen, saluran pemasaran 3 yaitu produsen ke pedagang besar, dan ke konsumen. Saluran satu memiliki margin sebesar Rp 0, saluran dua memiliki margin sebesar Rp 5.000, sedangkan pada saluran tiga mergin sebesar Rp7.000. dengan demikian total farmer’s share pada saluran 1 yaitu 100 persen, farmer’s share pemasaran 2 yaitu 75 persen, dan farmer’s share pemasaran 3 yaitu 68 persen. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Dan Farmer’s Share

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up