Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS SALURAN PEMASARAN UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DI DESA TONGGOLOBIBI KECAMATAN SOJOL
Nama: SUBHAN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Saluran pemasaran udang windu di Desa Tonggolobibi 2. Margin antara lembaga pemasaran 3. Farmer's share petambak udang windu. Penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik penarikan sampel dengan cara sensus. Analisis yang digunakan meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran dan farmer's share. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Tonggolobibi yaitu pola pemasaran pertama: petambak menjual hasil udang windunya kepada pedagang pengecer, kemudian menjual ke pasar lokal. Pola pemasaran kedua: petambak menjual hasil udang windunya langsung kepada pedagang pengumpul, kemudian dijual lagi ke perusahaan. Total margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran pertama total margin pemasaran sebesar Rp.5.000 dan saluran pemasaran kedua total margin pemasaran sebesar Rp.10.000. Nilai farmer's share pada pola saluran pertama yaitu 94,1 persen dan pola saluran kedua yaitu 89,5 persen. Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer's Share dan Udang Windu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up