JudulANALISIS DAMPAK USAHA MINIMARKET TERHADAP KIOS MASYARAKAT DI DESA KOTARAYA |
Nama: AHMAD ARIYADI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ahmad Ariyadi (C10117275). Analisis Dampak Usaha Minimarket Terhadap Kios Masyarakat Di Desa Kotaraya. Penelitian mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako. Pertumbuhan pasar modern saat ini sangatlah pesat, hal ini ditandai dengan berdirinya minimarket di Indonesia. Pertumbuhan minimarket yang sangat pesat memiliki dampak bagi masyarakat. Perkembangan minimarket yang mencakup hampir seluruh wilayah di Indonesia bahkan sampai ke pelosok desa menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat terutama pemilik usaha kios, dampak dari kehadiran minimarket adalah penurunan omset penjualan, berkurangnya jumlah pelanggan, sehingga menimbulkan kerugian bagi pemilik usaha kios. Berdasarkan alasan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak usaha minimarket terhadap kios masyarakat di Desa Kotaraya. Penelian ini menggunakan beberapa metode penelitian yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat 5 responden pemilik kios di Desa Kotaraya yang menjadi objek penelitian. Untuk mencapai tujuan penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif. Penelitian ini bertujuan, (1) Mengetahui dampak positif dan negatif keberadaan perusahaan minimarket terhadap usaha kios masyarakat di Desa Kotaraya. (2) Mengetahui upaya yang dilakukan pemilik usaha kios agar tetap bisa bertahan dari adanya perusahaan minimarket disekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemilik usaha kios berpendapat negatif terhadap kehadiran minimarket di Desa Kotaraya. (2) Kehadiran minimarket berdampak terhadap penurunan omset penjualan, pendapatan, dan jumlah pelanggan. (3) Keterbatasan modal pemilik usaha kios sehingga sulit untuk berupaya meminimalisir dampak dari adanya minimarket di Desa Kotaraya. Kata Kunci: Minimarket, Dampak, Kios.? |