JudulPOTENSI DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PAJAK DAERAH DI KOTA PALU PERIODE 2016-2020 |
Nama: Ni Kadek Ayu Astuti |
Tahun: 2023 |
Abstrak Potensi dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pajak Daerah Di Kota Palu Periode 2016-2020 Ni Kadek Ayu Astuti1; Haerul Anam2; Santi Yunus3., Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako Palu ABSTRAK Pajak Reklame merupakan satu diantara sumber pendapatan yang cukup potensial yang dipungut oleh pemerintah daerah Kota Palu. Pajak Reklame juga termasuk dalam PAD, yang merupakan andalan bagi daerah Kota Palu. Pajak Reklame dapat memberikan kontribusi tersendiri terhadap penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor Pajak Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pajak reklame di Kota Palu Tahun 2016-2020; mengetahui kontribusi pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah di Kota Palu Tahun 2016-2020; dan mengetahui tingkat efektivitas pemungutan pajak reklame di Kota Palu Tahun 2016-2020. Teknik analisis data menggunakan analisis potensi pajak reklame, analisis kontribusi pajak reklame, dan analisis efektivitas pajak reklame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Potensi pajak reklame di Kota Palu Tahun 2016-2020 cukup menjanjikan dengan nilai potensi penerimaan pajak reklame di Tahun 2021 sebesar Rp4.111.192.069,82 atau mengalami peningkatan Rp948.736.631,5 dari nilai realisasi penerimaan pajak reklame di Tahun 2020 sebesar Rp3.162.455.438,32; (2) Kontribusi pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah di Kota Palu Tahun 2016-2020 memiliki nilai kriteria sangat kurang dengan rasio rata-rata sebesar 3,52 persen kurang dari 10 persen; dan (3) Efektivitas pemungutan pajak reklame di Kota Palu Tahun 2016-2020 memiliki nilai rasio rata-rata sebesar 105,92 persen dan dinilai dengan kriteria sangat efektif sesuai dengan kriteria dari Kepmendagri. Kata Kunci: Potensi, Kontribusi, Efektivitas, Pajak Reklame, Pajak Daerah. |