Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA PALU TAHUN 2016-2020
Nama: WIDIAWATI RANTAOLA
Tahun: 2022
Abstrak
Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Palu Tahun 2016 - 2020. Widiawati Rantaola1 ; Edhi Taqwa2; Santi Yunus3 Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untad Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pajak reklame pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dan sumber data sekunder. berdasarkan hasil penelitian kontribusi pajak reklame terhadap PAD Kota Palu Tahun 2016-2020 berfluktuasi. Tahun 2016 kontribusi pajak reklame sebesar 1,28 persen dan Tahun 2017 mengalami peningkatan menjadi 1,44 persen namun Tahun 2018 kontribusi pajak reklame mengalami penurunan menjadi 1,29 persen, kontribusi pajak reklame berfluktuatif yaitu Tahun 2019 kontribusi sebesar 1,48 persen dan Tahun 2020 sebesar 1,22 persen. Hal ini menunjukkan bahwa pajak reklame memberikan kontribusi positif terhadap PAD Kota Palu jika kelola lebih baik maka penerimaan pajak reklame akan terus meningkat. Kontribusi pajak reklame terhadap total pajak Kota Palu Tahun 2016-2020 berfluktuasi. Tahun 2016 kontribusi pajak reklame sebesar 3,47 persen, dan Tahun 2017 mengalami peningkatan menjadi 3,58 persen. Namun Tahun 2018 kontribusi pajak reklame menunjukkan penurunan menjadi 3,11 persen. Tahun 2018-2020 kontribusi pajak reklame berfluktuatif yaitu Tahun 2019 kontribusi sebesar 3,26 persen dan Tahun 2020 sebesar 2,80 persen. Berdasararkan kriteria efektifitas menunjukkan Tahun 2016 dan Tahun 2018 realisasi penerimaan pajak reklame tergolong cukup efektif, yaitu sebesar 89,33 persen dan 86,12 persen. Tahun 2017 dan Tahun 2019 realisasi penerimaan lebih besar dari target pemerintah daerah Kota Palu dikategorikan efektif, namun Tahun 2020 realisasi penerimaan pajak reklame menurun dibandingkan tahun sebelumnya, pemerintah daerah belum dapat mencapai realisasi sesuai target yang ditetapkan. Kondisi ini menunjukkan realisasi pajak reklame kurang efektif. Kata Kunci : Penerimaan Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up